You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pasiraman

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

Tradisi Khataman Al-Qur'an Pada Bulan Ramadhan di Masjid Al-Hidayah Pasiraman


Tradisi Khataman Al-Qur'an Pada Bulan Ramadhan di Masjid Al-Hidayah Pasiraman

Tradisi Khataman Al-Qur'an Pada Bulan Ramadhan di Masjid Al-Hidayah Pasiraman: Memperkuat Kepedulian Sosial dan Kebersamaan. Selasa, (2/4/2024).

Pada bulan suci Ramadhan, aroma keberkahan semakin terasa di Masjid Al-Hidayah Pasiraman, tempat yang menjadi saksi tradisi tahunan yang sarat makna, yaitu Tradisi Khataman Al-Qur'an. Tahun ini kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Ramadhan 1445H. Kegiatan mulia ini dipadukan dengan suasana buka bersama yang meriah, memperkuat ikatan sosial dan kebersamaan di antara warga karib kerabat dan masyarakat. Tradisi Khataman Al-Qur'an bukan sekadar ritual keagamaan, namun juga merupakan wujud nyata kepedulian dalam hubungan sosial antar sesama. Khatam Quran bukan hanya tentang menyelesaikan bacaan suci, tetapi juga mengandung nilai-nilai gotong royong dan saling peduli. Melalui proses ini, masyarakat saling mendukung dan memotivasi satu sama lain untuk menyelesaikan tantangan membaca Al-Qur'an secara penuh selama bulan suci. Proses ini tidak hanya memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT, tetapi juga mempererat tali persaudaraan di antara umat muslim.

Pada acara penutupan Khataman Al-Qur'an, suasana penuh haru dan syukur menyelimuti jamaah yang hadir. Kehadiran Camat Mataraman Heryanto, S.STP., MA turut memperkuat kesan kebersamaan dan kepedulian sosial yang diusung dalam acara tersebut. Beliau memberikan apresiasi atas semangat dan dedikasi masyarakat dalam menjaga tradisi keagamaan yang mengakar kuat di tengah-tengah perubahan zaman. Buka bersama yang digelar usai acara khataman menjadi momen akrab dan hangat bagi semua peserta. Suasana kekeluargaan terpancar dari senyum dan tawa yang riang, menggambarkan betapa pentingnya membangun komunitas yang solid dan harmonis. Dengan demikian, Tradisi Khataman Al-Qur'an bukan sekadar acara formal, melainkan simbol dari kepedulian, gotong royong, dan kebersamaan yang harus terus dijaga dan dilestarikan dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus menginspirasi generasi masa depan untuk terus merawat nilai-nilai luhur dalam tradisi keagamaan dan sosial.

    ​​​​​​​

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%