You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pasiraman

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

Sejarah Desa


 

SEJARAH DESA

-

Sejarah desa pasiraman jauh sebelum terbentuknya sebuah desa nama Pasiraman memang sudah ada yang di perkirakan sejak tahun 1930an, yang dulunya pasiraman adalah tempat berkebun oleh warga desa pematang danau dan disebut sebagai Darat atau tempat dengan dataran tinggi untuk perkebunan, dimana desa pasiraman masih menjadi bagian dari Desa Pematang Danau yang masih berkecamatan Astambul, Pasiraman adalah dulunya sebuah tempat untuk penyiraman bibit kebut karet perusahaan BUMN PTPN XIII Danau salak sehingga di sebut lah sebuah tempat dengan nama Pasiraman atau yang di kenal dengan bahasa sekarang (Penyiraman) dan Blok IV yang menjadi wilayah RT.002 Desa Pasiraman, pada tahun 1970an dengan terjadinya pemekaran desa maka akhirnya desa pasiraman memisahkan diri menjadi sebuah desa Pasiraman Kecamatan Astambul, yang mana pernah di pimpin oleh dua Kepala Desa hingga pada tahun 1988 pada pergantian kepala desa yang ketiga Mataraman melakukan Pemekaran dan menjadi kecamatan sendiri salah satunya yang termasuk kecamatan mataraman adalah desa pasiraman yang sampai saat ini bagian wilayah kecamatan mataraman. Pasiraman mun mempunyai tiga wilayah RT yang mempunyai nama tempat Pasiraman, Blok IV, dan Sumur Tutup. Pasiraman di peroleh dari nama tempat Penyiraman bibit perkebunan PTPN  Danau Salak, Blok IV di peroleh dari nama Lokasi Penyiraman yang berada di Blok IV pada waktu itu, dan Sumur Tutup berasal dari nama Sumur Tua yang berada di desa pasiraman yang sampai sekarang masih ada dan semur tersebut tidak pernah kering dan di tutup dengan balok ulin, sehingga tempet tersebut di namakan Sumur Tutup.

Demikian ringkasan SEJARAH DESA PASIRAMAN dan Asal Usul Desa yang di rangkum, informasi tetang sejarah desa terbut di berasal dari cerita Tokoh-Tokoh Masyarakat dan orang-orang terdahulu.

Sumber Informasi :

Tokoh Masyarakat
Ketua RT.002

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%