You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pasiraman

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

Masyarakat Bergotong Royong Membersihkan Jalan Dalam Rangka Menyambut Haul Abah Guru Sekumpul Ke-19


Masyarakat Bergotong Royong Membersihkan Jalan Dalam Rangka Menyambut Haul Abah Guru Sekumpul Ke-19

Masyarakat Desa Pasiraman Bersama Pembakal Bergotong Royong Membersihkan Jalan Menyambut Haul Abah Guru Sekumpul Ke-19

Di Desa Pasiraman yang sejuk dan indah, masyarakatnya memiliki tradisi dalam menjaga kebersihan dan kerukunan lingkungan. Salah satu moment penting dalam tahun ini adalah peringatan Haul Abah Guru Sekumpul Ke-19. Dalam rangka menyambut peringatan Haul tersebut, masyarakat Desa Pasiraman bersama-sama dengan pembakal, bergotong royong untuk membersihkan jalan dan lingkungan sekitar dari rumput liar yang tumbuh di tepi jalan. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan untuk menyambut kedatangan para tamu serta memperindah desa menjelang perayaan Haul Abah Guru Sekumpul Ke-19.

Pembakal sebagai pemimpin adat desa, berperan penting dalam mengoordinasikan kegiatan gotong royong ini. Mereka mengumpulkan masyarakat desa melalui pengumuman dan koordinasi secara langsung. Setelah semua terkumpul, mereka membentuk kelompok-kelompok kecil untuk membersihkan jalan-jalan utama serta lingkungan sekitarnya. Dengan semangat gotong royong yang tinggi, warga desa menggunakan alat seperti parang arit, cangkul dan mesin potong rumput untuk membersihkan rumput liar yang tumbuh di sepanjang jalan. Mereka bekerja secara bergantian, saling membantu, dan berbagi tugas agar proses pembersihan dapat dilakukan dengan cepat dan efektif.

Semua anggota masyarakat, dari yang muda hingga yang tua, turut ambil bagian dalam kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi aktif dalam menjaga keindahan desa mereka. Selama kegiatan tersebut berlangsung, suasana penuh keakraban dan kebersamaan terasa begitu kuat di antara warga desa Pasiraman. Saling bercanda, tertawa, dan berbagi cerita menjadi hal yang lumrah dalam gotong royong ini. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat fisik berupa lingkungan yang lebih bersih dan rapi, tetapi juga mempererat tali persaudaraan dan solidaritas di antara seluruh warga desa.

Setelah selesai membersihkan jalan-jalan utama, hasil kerja keras masyarakat dan pembakal terlihat jelas. Jalan-jalan yang sebelumnya ditutupi rumput liar kini tampak lebih terawat dan nyaman bagi pejalan kaki. Lingkungan desa juga menjadi lebih indah dan terlihat lebih segar. Hasil dari gotong royong ini menjadi bukti konkret bahwa dengan kerjasama dan semangat gotong royong, masyarakat Desa Pasiraman mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Semoga peringatan Haul kali ini dapat berjalan dengan lancar dan membawa berkah bagi seluruh masyarakat desa serta memperkuat nilai-nilai gotong royong yang telah menjadi warisan budaya yang dijunjung tinggi di Desa Pasiraman.

    

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%