You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pasiraman

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

Kegiatan Posbindu dan Pemeriksaan IVA Test SADARI Bunda di Desa Pasiraman November 2023


Kegiatan Posbindu dan Pemeriksaan IVA Test SADARI Bunda di Desa Pasiraman November 2023

Posbindu dan Pemeriksaan IVA Test Mewarnai Kegiatan Kesehatan di Desa Pasiraman Pada tanggal 28 November 2023.

Desa Pasiraman menggelar serangkaian kegiatan kesehatan yang bertujuan untuk memonitor kesehatan masyarakat dan melakukan pencegahan awal terhadap penyakit reproduksi, seperti penyakit kanker serviks, serta deteksi dini kanker payudara. Kegiatan ini dilaksanakan di Poskesdes Desa Pasiraman dengan dukungan dari Pembakal Desa Pasiraman. Salah satu kegiatan utama yang dilakukan adalah Posbindu, yaitu Pos Pelayanan Terpadu yang menyediakan berbagai layanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat. Posbindu memberikan akses mudah bagi warga Desa Pasiraman untuk memeriksa kesehatan mereka dan mendapatkan informasi tentang upaya pencegahan penyakit.

Di Posbindu, para petugas kesehatan melaksanakan pemeriksaan IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat) yang merupakan metode sederhana untuk mendeteksi adanya perubahan sel-sel prakanker atau kanker serviks pada wanita. Penggunaan metode ini dapat membantu dalam upaya deteksi dini dan pencegahan penyakit tersebut. Selain itu, kegiatan SADARI Bunda juga dilakukan dalam acara tersebut. SADARI (Sadar Deteksi Dini Kanker Payudara) merupakan metode sederhana yang dapat dilakukan oleh wanita untuk mendeteksi adanya benjolan atau perubahan pada payudara mereka sendiri. Para petugas kesehatan memberikan informasi dan pelatihan kepada para peserta tentang teknik SADARI, sehingga setiap wanita dapat menjadi agen kesehatan diri sendiri dalam melindungi diri dari penyakit kanker payudara.

Selama acara tersebut, Pembakal Desa Pasiraman (Muhammad Noor) juga turut berperan dengan melakukan penyerahan kursi roda. Penyerahan kursi roda merupakan upaya untuk memperlengkap fasilitas Poskesdes desa Pasiraman. Kegiatan Posbindu, pemeriksaan IVA Test, dan SADARI Bunda serta penyerahan kursi roda ini memperlihatkan komitmen Desa Pasiraman dalam menjaga kesehatan masyarakatnya. Melalui upaya deteksi dini dan pencegahan awal terhadap penyakit reproduksi. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh positif bagi desa-desa lain dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya.

 

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%