You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pasiraman

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

GIAT MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS BORNEO LESTARI (KKN) Di Desa Pasiraman


Judul: Program KKN Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Borneo Lestari: Sosialisasi Pembuatan Sirup Sidakara Daun Karamunting dan Pemeriksaan Kesehatan Masyarakat di Desa Pasiraman Tanggal 19 Agustus 2023, mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Borneo Lestari Kuliah Kerja Nyata (KKN) melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat di Desa Pasiraman serta melakukan Sosialisasi dalm memenfaatkan tanaman herbal yang bisa di jadikan obat herbal. Kegiatan ini difokuskan pada sosialisasi pembuatan sirup sidakara daun karamunting serta pemeriksaan kesehatan masyarakat. Bertempat di Kantor Desa Pasiraman, program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan sirup sidakara dan memonitor kondisi kesehatan masyarakat setempat. Program tersebut melibatkan para mahasiswa dari Fakultas Farmasi yang di bibmbing oleh Dosen Pembina dari Fakultas Farmasi yang telah terlatih dalam bidang farmasi dan kesehatan. Mereka membawa pengetahuan dan keterampilan mereka untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di Desa Pasiraman. Beberapa kegiatan utama yang dilakukan dalam program ini antara lain: 1. Sosialisasi Pembuatan Sirup Sidakara Daun Karamunting: Mahasiswa mendemonstrasikan proses pembuatan sirup sidakara menggunakan daun karamunting, tumbuhan herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Masyarakat diajak untuk memahami langkah-langkah pengolahan yang benar dan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari konsumsi sirup tersebut. 2. Pemeriksaan Kesehatan Masyarakat: Tim mahasiswa melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat Desa Pasiraman secara gratis. Hal ini meliputi pengukuran tekanan darah, gula darah, dan berat badan. Selain itu, mereka juga memberikan saran dan edukasi mengenai gaya hidup sehat, pola makan, serta pentingnya olahraga rutin. Melalui kegiatan ini, diharapkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan meningkat. Sosialisasi tentang pembuatan sirup sidakara bertujuan untuk memperkenalkan alternatif pengobatan alami yang dapat menjadi pilihan yang lebih sehat bagi warga Desa Pasiraman. Pemeriksaan kesehatan masyarakat juga memberikan kesempatan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin ada dan memberikan saran yang tepat kepada individu yang membutuhkannya. Program Pengabdian Masyarakat seperti ini merupakan contoh nyata kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat setempat. Melalui pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Borneo Lestari, diharapkan kesehatan masyarakat di Desa Pasiraman dapat meningkat secara signifikan.

   

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%